Selasa, 21 Juli 2020

5 Alasan Pentingnya Memasang Jendela di Setiap Ruangan Rumah


5 Alasan Pentingnya Memasang Jendela di Setiap Ruangan Rumah

Jendela adalah bagian tak tergantikan dari sebuah rumah. Kita semua tahu pentingnya memiliki banyak jendela dalam rumah kita. Meskipun begitu, seringkali kita melihat banyak rumah yang tak setiap ruangannya memiliki jendela ke luar. Alasannya bisa bermacam-macam. Ada yang memang sengaja karena lebih memilih menggunakan AC untuk sirkulasi udara, ada yang karena faktor layout ruangan, atau ada juga yang karena faktor polusi udara yang tinggi di lingkungannya, sehingga memilih untuk tak memasang jendela pada beberapa kamar.

Padahal, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita rasakan bila kita memasang jendela di semua ruangan rumah.


Jendela yang ditempatkan dengan baik akan memudahkan masuknya cahaya alami di sebuah ruangan. Selain itu, jendela juga membuat para penghuni rumah dapat menikmati pemandangan daerah atau lingkungan mereka. Apalagi, biasanya nilai jual rumah di Jakarta yang memiliki banyak jendela lebih tinggi dari rumah lainnya.

Bahkan, peran paling penting dari jendela untuk rumah adalah untuk membuat rumah tetap berventilasi, yang sangat penting untuk menjaga suasana dalam ruangan tetap terang dan segar. Coba Anda perhatikan,  rumah-rumah yang memiliki banyak jendela di setiap ruangan, jarang yang terasa suram atau pengap, bukan?

Nah, selain alasan di atas, masih banyak alasan lainnya mengapa penting bagi kita untuk memiliki banyak jendela. Maka dari itu, kali ini kita akan membahas alasan pentingnya memasang jendela di setiap ruangan rumah.

1. Jendela memberikan banyak kemudahan bagi penghuni rumah

Hal ini tentu tergantung di mana mereka ditempatkan. Misalnya saja, jendela di dapur akan bisa mengeluarkan udara panas, asap, atau bahkan bau tanpa masalah. Bila ditempatkan di kamar mandi, sebuah jendela dapat memfasilitasi mengeluarkan bau dan juga dapat membantu mengeringkan kamar mandi dengan lebih cepat.

Jika Anda ingin menikmati angin sepoi-sepoi seperti di luar rumah tetapi ingin membaca buku favorit dalam di kamar, sebuah jendela berteralis akan memungkinkan Anda melakukan hal itu. Bila Anda memiliki rumah di Jakarta Barat, ada baiknya menggunakan banyak jendela pada rumah Anda.


2. Jendela dapat meningkatkan daya tarik visual

Jendela dapat meningkatkan daya tarik estetika rumah Anda. Misalnya saja, jendela di ruang tamu yang menghadap ke halaman tentu akan memberikan pemandangan indah tersendiri saat Anda sedang berada di dalam rumah.

3. Menambahkan cahaya alami ke dalam rumah

Sama seperti tanaman, kita adalah makhluk hidup yang tumbuh subur di bawah sinar matahari. Pastikan bahwa Anda memiliki sumber cahaya alami yang baik di setiap ruangan.

Tubuh kita membutuhkan cahaya spektrum penuh untuk dapat berfungsi optimal, jadi rencanakan penempatan jendela yang dapat menambahkan cahaya alami di tempat Anda biasa bekerja atau menghabiskan banyak waktu.

4. Mengalirkan udara segar masuk ke dalam rumah

Tak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan tinggal di dalam rumah yang memiliki alilran udara yang lancar. Apalagi bila Anda tinggal di daerah yangn dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Tentu senang bukan apabila Anda bisa menikmati udara segar itu setiap hari?

Nah, salah satu dari keuntungan memiliki banyak jendela di rumah adalah anda jadi bisa menikmati semua kesegaran udara itu setiap saat.

5. Jendela berfungsi sebagai dekorasi tambahan di ruangan rumah

Banyak orang tak menyadari bahwa sebuah jendela tak hanya memiliki nilai fungsi saja, tetapi juga nilai seni. Apalagi sekarang sudah banyak jendela dengan berbagai ukuran, model, dan motif yang bisa Anda pilih. Gunakan jendela untuk menjadi pusat perhatian sebuah dekorasi ruangan.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan model jendela yang Anda pilih dengan konsep interior rumah secara keseluruhan, agar terlihat lebih menyatu dan harmonis.


Memiliki jendela dengan dekorasi unik tertentu juga bisa meningkatkan nilai jual rumah Anda lho. Karena biasanya jendela yang terdapat di rumah-rumah lain hanya memiliki model yang standar. Jadi apabila Anda akan jual rumah di Jakarta Barat, cobalah pastikan rumah yang akan Anda jual memiliki jendela dengan model unik di setiap ruangannya.

Nah, itu tadi 5 alasan mengapa sebaiknya Anda memiliki jendela di setiap ruangan rumah. Semoga informasi tadi dapat membantu meyakinkan Anda untuk menghadirkan jendela-jendela cantik di rumah Anda, ya.

Sumber foto: https://pixabay.com/photos/white-window-glass-shield-frame-2563976/

0 komentar:

Posting Komentar