Kamis, 28 Mei 2020

Cara Mengasuh Anak Saat Pandemi Coronavirus


Cara Mengasuh Anak Saat Pandemi Coronavirus

Selama pandemi corona virus, terjadi banyak perubahan kebiasaan. Salah satu perubahan yang paling dirasakan oleh anak-anak adalah mereka tidak bisa leluasa bermain di luar rumah. Banyaknya perubahan itu bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara terbaik mengasuh anak di tengah pandemi sehingga mereka tetap bisa merasa aman dan nyaman?

Cara Mengasuh Anak Ketika Pandemi Coronavirus

1.    Pastikan Diri Anda Merasa Bahagia

Sebagai orang tua, Anda biasanya terlalu fokus untuk merawat anak sehingga seringkali membuat Anda lupa untuk membahagiakan diri sendiri. Padahal, rasa bahagia yang Anda rasakan itu bisa menular ke anak-anak. Oleh sebab itu, mulai jalani hari dengan beragam aktivitas yang menyenangkan misalnya seperti olahraga, meditasi, memasak dan lain-lain.

2.    Hindari Menyebarkan Hal Negatif dan Selalu Berusaha untuk Tetap Tenang

Di tengah pandemi COVID-19, berusahalah untuk menghindar dari berbagai hal negatif apalagi menyebarkannya. Hal-hal negatif hanya akan menimbulkan rasa takut dan kepanikan yang berlebihan.
Sebagai orang tua, Anda yang memegang kendali atas beragam informasi yang diterima. Saring dan pilih informasi mana yang layak untuk dibaca agar bisa tetap bersikap tenang.

3.    Ajarkan Berbagai Hal Penting Sembari Mengajak Anak-Anak Berdiskusi

Sediakan waktu untuk duduk bersama dengan anak-anak sembari menjelaskan berbagai hal penting terkait coronavirus. Jelaskan cara untuk melindungi diri dari paparan virus corona dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Anda juga perlu untuk mengingatkan mereka bahwa situasi yang sedang dijalani saat pandemi ini hanya sementara.

Jika anak Anda masih di bawah usia 8 tahun, coba ajarkan beragam hal penting terkait dengan coronavirus dengan cara yang lebih atraktif. Salah satu contohnya, dengan mengajarkan anak mencuci tangan secara benar menggunakan air mengalir minimal selama 20 detik sembari menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun.

4.    Terapkan Rutinitas Harian yang Sama Seperti Sebelum Terjadinya Pandemi

Meskipun setiap hari sedang di rumah saja, Anda tetap perlu menerapkan rutinitas harian yang sama seperti sebelum terjadi pandemi. Hal itu bertujuan agar anak-anak tetap merasa aman dan nyaman. Tetap ajarkan anak-anak untuk bangun pagi, mandi, sarapan, dan lain-lain. Bila perlu tambahkan rutinitas dengan berolahraga bersama setiap pagi.

Anda juga bisa melakukan berbagai hal menyenangkan lainnya bersama anak-anak, misal seperti menggambar, bernyanyi atau bahkan memasak bersama si kecil. Jika Anda mulai khawatir karena kondisi pandemi yang belum pasti kapan berakhir, coba tarik nafas dan kembali fokus menciptakan momen-momen indah bersama keluarga.

5.    Tetap Bersosialisasi Meskipun Secara Online

Meskipun harus melakukan physical distancing (jaga jarak), Anda tetap perlu bersosialisasi. Kemajuan teknologi membuat Anda tetap bisa menjalin hubungan baik dengan teman dan saudara secara online, melalui video call, media sosial dan lain-lain.

Saling bertukar kabar saat pandemi virus corona setidaknya bisa Anda jadikan sebagai hiburan penghilang rasa bosan karena di rumah saja. Anda juga perlu mengajarkan anak-anak untuk selalu melakukan berbagai hal baik kepada sesama, sehingga tercipta energi positif dalam keluarga.

Di tengah pandemi coronavirus ini, Anda juga perlu selalu memantau kondisi tubuh anak. Jika anak menunjukkan gejala sakit, usahakan untuk bertanya dulu kepada dokter sebelum ke rumah sakit. Salah satu caranya adalah bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc yang bisa memberikan diagnosis awal. Bahkan, bila perlu, Halodoc akan langsung merujuk ke rumah sakit terdekat dengan rumah Anda.


0 komentar:

Posting Komentar