Rabu, 06 Mei 2020

7 Gejala Corona Baru yang Wajib Anda Waspadai


7 Gejala Corona Baru yang Wajib Anda Waspadai

Virus corona atau COVID 19 telah menjelma menjadi wabah pandemi yang melanda seluruh dunia termasuk negara Indonesia. Dengan angka kasus infeksi virus yang terus meningkat, mutasi virus menyebabkan gejala baru yang harus diwaspadai. Berikut rangkuman gejala corona yang harus Anda waspadai sejak dini antara lain:

1. Demam tinggi

Demam tinggi menjadi ciri utama penderita COVID 19 yang paling banyak dijumpai. Penyebab demam bervariasi, namun Anda yang mengalami demam diatas 38 derajat celcius wajib memeriksakan diri ke dokter.

2. Mengalami sesak napas

Gejala corona terlihat saat penderita merasa dada semakin ketat dan susah bernapas. Rasa sakit seperti mengalami tekanan berat di dada merupakan peringatan keras gejala yang harus segera diperiksa dokter.

3. Mengalami batuk kering

Corona memiliki gejala batuk yang berbeda dengan penyakit pernapasan lain. Penderita akan mengalami batuk kering dan datang dari dalam dada.

4. Mengalami diare

Tak hanya mengalami demam dan masalah pernapasan saja, penderita corona bisa saja alami diare. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian di China yang menunjukkan 20 persen penderita yang sembuh alami masalah pencernaan tersebut.

5. Tidak bisa mencium bau atau mengecap rasa

Gejala corona baru yang sering dikemukakan pasien adalah mengalami ketidakmampuan mencium bau dan mengecap rasa.

6. Nyeri otot dan penyakit saraf

Gejala yang tidak biasa juga ditunjukkan sebagian pasien yang alami nyeri otot sebagai akibat kimia sitoksin yang dilepaskan sebagai respon infeksi. Selain itu, penyakit saraf juga bisa menjadi peringatan keras seperti alami kejang, kebingungan, rasa sakit kepala berlebihan, mengigau, kebas hingga stroke.

7. Mengalami lesi

Gejala terbaru yang dilaporkan para penderita corona adalah lesi kecil yang muncul pada kaki. Lesi memiliki kemiripan dengan penyakit cacar air, campak dan chilblains baik di permukaan atau bawah jaringan permukaan kulit penderita.

Masih ada banyak gejala corona yang ditunjukkan pasien beragam seperti sakit tenggorokan, kabut otak, kelelahan, gatal, dan kulit terasa tersetrum sengatan. Kulit yang terasa tersetrum merupakan respon antibodi menghadapi infeksi virus yang memiliki penularan sangat cepat. Sebaiknya selalu jaga kesehatan diri sendiri dan mematuhi himbauan pemerintah untuk isolasi diri sendiri di rumah, ya!


0 komentar:

Posting Komentar