Jumat, 18 Oktober 2019

6 Alasan Kenapa Sebaiknya Memilih Asuransi Berbasis Syariah


6 Alasan Kenapa Sebaiknya Memilih Asuransi Berbasis Syariah

Seperti yang diketahui bersama, kini sudah banyak tersedia berbagai jenis asuransi kesehatan, baik konvensional maupun sistem syariah. Asuransi kesehatan syariah memberikan jaminan dan perlindungan atas biaya pengobatan dan perawatan tertanggung dengan prinsip, metode, dan tuntunan syariat Islam. Dengan demikian, wajar jika sistem pengelolaan dan produknya sedikit berbeda dengan asuransi konvensional.
Namun, banyak pihak mengatakan bahwasanya asuransi syariah ini memiliki kemudahan yang tidak dimiliki oleh sistem konvensional. Yang paling menonjol adalah tujuan sistem asuransi syariah untuk kebaikan sesama sehingga bukan berorientasi pada keuntungan.
Otomatis penyelenggaraan dan pengelolaannya juga dipusatkan untuk saling tolong menolong antara sesama pemegang polis. Anda tidak perlu takut terlilit biaya pembayaran premi.
Jadi, jika Anda masih ragu menggunakan asuransi, Anda dapat memulainya dengan menggunakan sistem syariah ini. Lalu, sebenarnya apa alasan yang mengharuskan Anda menggunakan asuransi syariah ini? Simak beberapa penjelasan seputar asuransi syariah berikut ini, ya!

1. Terhindar dari riba

Asuransi syariah dikelola menggunakan prinsip dan aturan hukum Islam sehingga sangat menghindari yang namanya riba. Anda tidak perlu khawatir karena segala proses asuransi sudah ditetapkan secara pasti oleh pembuat kebijakannya supaya mengindahkan hukum Islam. Dari mulai aturan yang terbesar sampai terkecil disesuaikan dengan aturan Al-Qur’an dan Hadist.

2. Menggunakan prinsip tolong tenolong

Asuransi syariah khususnya bidang kesehatan memiliki tujuan utama untuk saling membantu dengan metode pengumpulan dan pengelolaan dana. Dalam pengelolaan tersebut apa yang didapatkan oleh kedua pihak sama. Artinya, antara penyelenggara layanan dengan peserta tidak ada satu pihak yang lebih diuntungkan.

Salah satu contohnya adalah layanan Allisya Care, di mana setiap peserta asuransi saling tolong menolong dengan peserta yang lain melalui pembayaran rutin atau premi yang digunakan untuk membantu peserta lain yang tertimpa peristiwa yang tidak diinginkan dan tidak terduga, misalnya bencana alam atau kecelakaan.

3. Keuangan dibukukan dengan terbuka kepada nasabah

Tidak seperti sistem konvensional yang pembukuannya tertutup, asuransi kesehatan syariah seluruh prosesnya bersifat transparan. Anda sebagai nasabah dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai bagaimana dan seperti apa dana yang terkumpul dikelola. Dengan begitu, aliran dana jelas dan diketahui oleh setiap nasabah yang menggunakan layanan.

4. Tidak terdapat dana hangus

Jika pada sistem konvensional, nasabah yang mundur atau telat melakukan pembayaran akan dianggap tidak bergabung lagi dengan asuransi dan biaya yang digunakan sebelumnya akan hangus. Berbeda dengan sistem konvensional, asuransi syariah tidak mengenal yang namanya dana hangus, Anda tetap dapat mengambil hak Anda tepat waktu.

5. Layanan yang diperoleh lengkap

Pelayanan kesehatan yang dapat diklaim menggunakan asuransi kesehatan berbasis syariah tidak jauh berbeda dengan yang konvensional. Terdapat layanan rawat jalan, rawat inap, persalinan, dan terdapat satu manfaat tambahan yaitu adanya santunan harian. Bahkan bagi pengguna Allianz, peserta tetap dapat menggunakan layanan asuransi cashless di rumah sakit aliansi Allianz, Admedika.

6. Terdapat Surplus Underwriting

Ada yang tahu pengertian surplus underwriting?
Surplus underwriting merupakan sisa dana dari perkumpulan jika pada waktu tertentu tidak ada klaim terhadapnya. Dana tersebut dapat digunakan jika Anda yang tidak melakukan klaim atau tidak menggunakan jaminan dalam asuransi sama sekali untuk perawatan dalam periode satu tahun, Anda berhak mendapatkan surplus underwriting. Pembagian surplus underwriting dilakukan dengan membagi seluruh dana yang terkumpul kepada peserta.
Demikian beberapa ulasan mengenai apa saja yang membuat asuransi kesehatan syariah ini menjadi pilihan yang tepat. Perhatikan asuransi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah pilih. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

0 komentar:

Posting Komentar