Selasa, 20 Agustus 2019

Simak! Ternyata Alat Musik Ini Memiliki Perbedaan yang Jarang Diketahui Lho


Simak! Ternyata Alat Musik Ini Memiliki Perbedaan yang Jarang Diketahui Lho
Sumber : Pinterest.com
Apakah kamu pecinta musik atau mungkin hanya suka mendengarkan musik? Biasanya seseorang akan mengikuti les kursus untuk mengembangkan bakat yang dia punya, dan orang-orang  lebih memilih les kursus seperti Piano atau Keyboard. Mungkin jarang diketahui oleh semua orang bahwa piano dan keyboard memiliki perbedaan yang mendasar padahal sama saja bentuk dan kegunaan nya. Nah, sekarang kamu harus tahu apa saja perbedaan antara Piano dan Keyboard. Berikut penjelasannya di bawah ini.
Piano
Simak! Ternyata Alat Musik Ini Memiliki Perbedaan yang Jarang Diketahui Lho
Sumber : Shopee
Piano merupakan alat musik dengan alunan nada lembut yang membuat siapa saja  mendengarnya menjadi lebih tenang dan rileks. Di Indonesia sendiri piano menjadi salah satu alat musik yang mewah, tetapi jarang sekali orang yang memiliki skill bermain piano. Padahal bermain piano itu bisa memberikan kesan lebih berkelas untuk siapa saja yang memainkannya. Apalagi melantunkan suara piano untuk pujaan hati pasti kamu memiliki kesan tersendiri untuk pujaan mu.
Piano biasa dimainkan dengan jari-jemari tangan, biasa nya pemain piano atau disebut dengan pianis ini mempunyai skill yang lebih karena jika seseorang bisa bermain piano maka semua alat musik bisa dimainkan dengan mudah. Seperti keyboard, jika kamu bisa memainkan piano tentu kamu dapat memainkan keyboard, karena keyboard memiliki Instruments yang mudah dimengerti .
Pemain piano biasanya  akan memberikan lantunan musik dengan ikatan kuat yang akan memberikan efek real untuk semua orang. Apakah kamu tahu? Selain memberikan lantunan suara piano untuk merilekskan pikiran, bermain piano juga memiliki manfaat tersendiri yaitu bisa meningkatkan kecerdasan pada otak, meningkatkan otak kiri dan kanan agar lebih fokus, dan juga bila dilatih dari kanak-kanak akan meningkatkan saraf pada otak untuk membantu sinyal yang dapat bergerak dengan cepat pada otak.
Perbedaan pada Piano dan Keyboard terdapat di bagian Tuts, piano memiliki Tuts yang lebih keras sehingga harus ditekan dengan kuat. Sementara itu Keyboard memiliki Tuts yang enteng, maka kamu harus terbiasa menggunakan piano agar dapat melatih jari-jemari menjadi kuat dan menjadi mudah ketika bermain keyboard. Berikut penjelasan bagian-bagian Tuts  pada Piano.

- Tuts piano, memiliki 2 tuts terdiri dari tuts putih dan hitam

- Martil, akan bekerja memukul Dawai  yang akan menghasilkan suara ketika tuts dimainkan
- Dawai Piano, dapat menghasilkan suara ketika dipukul dengan Martil

- Body Of Piano, yang akan memberikan ruang gema yang menentukan lembutnya suara dan jenis suara yang dihasilkan

- Biasanya pedal memiliki 3 jenis yakni, Pedal Sustain yang memberikan nada gema lebih lama, Pedal Caleste yang dapat melembutkan suara, Pedal Una Corda akan mendekatkan jarak Martil pada Dawai.
 Keyboard
Simak! Ternyata Alat Musik Ini Memiliki Perbedaan yang Jarang Diketahui Lho
Sumber : pinterest.com
Piano keyboard memiliki banyak nada yang unik seperti nada seram, terompet, gitar, biola, hingga nada yang lucu pun ada. Bahkan di keyboard kamu dapat memilih banyak style di programnya seperti style Rock, Jazz, serta Ballad. Di luar negeri alat musik ini sering disebut sebagai One Man Band, sementara itu di Indonesia menyebutnya sebagai Organ Tunggal.
Keyboard sendiri memiliki sifat portable yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Berbeda dengan piano yang memiliki model yang cukup besar di ruangan. Tuts pada keyboard juga tipis sehingga ringan ketika dimainkan. Alat musik ini merupakan alat musik elektronik yang dapat merekam hasil lagu yang dibuat dan juga bisa bermain dengan full band. Keyboard elektronik ini sudah hadir pada abad ke-20 dan dipasarkan pada tahun 1935 oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat. Berikut ini bisa kamu simak ciri-ciri  alat musik Keyboard.

- Tuts pada keyboard pada umum nya memiliki  5 tuts oktaf tetapi ada merk tertentu yang memiliki lebih dari 5 oktaf

- Dibekali dengan berbagai macam suara  seperti Gitar, Drum, Piano, Biola dll

- Mempunyai fasilitas dan fitur-fitur yang canggih seperti, merekam musik hingga bisa    karaoke
Nah, sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan antara piano dan keyboard yang sudah kamu simak di artikel ini? Pada dasarnya antara keyboard dan piano sama, hanya saja programnya saja yang berbeda tetapi kegunaan nya tetap sama.

0 komentar:

Posting Komentar