Rabu, 10 Juli 2019

Berbagai Model Alat Bantu Dengar

Berbagai Model Alat Bantu Dengar

Memelihara pendengaran merupakan hal yang harus dilakukan saat ini dan Anda akan merasakan hasilnya di masa depan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan telinga Anda. Namun, bagi Anda yang saat ini sedang memiliki masalah terhadap pendengaran Anda, maka Anda perlu untuk membeli alat bantu dengar. Beberapa nama alat bantu dengar dapat Anda ketahui berikut ini.

Beberapa Nama Alat Bantu Dengar

Telinga manusia memiliki rambut halus yang berguna untuk menghantarkan suara ke gendang telinga. Semakin tua seseorang, maka jumlah rambut halus semakin berkurang. Rusaknya sebagian besar rambut halus menyebabkan cara kerja telinga mengalami gangguan dan tidak dapat lagi mendengarkan secara jelas. Anda yang mengalami gangguan telinga perlu menggunakan alat bantu dengar.

1. Model BTE

BTE merupakan singkatan dari Behind The Ear. Model ini paling banyak beredar di masyarakat, karena dapat digunakan oleh penderita gangguan telinga ringan maupun berat. Model ini memiliki tiga bagian yaitu tube, receiver, dan earmould.

Tube berfungsi untuk menghantarkan suara menuju ke receiver yang mana bertugas untuk menangkap suara. Earmould memiliki fungsi berupa saluran yang melanjutkan sampai ke liang telinga.

2. Model ITE

ITE merupakan singkatan dari In The Ear. Alat bantu ini tidak memiliki saluran yang menempel ke belakang telinga. Saat digunakan, alat ini lebih tidak terlihat dibandingkan dengan model BTE. Alat ini biasanya dilengkapi dengan telecoil yang berfungsi untuk meningkatkan pendengaran pada saat mendengarkan telepon. 

Model ITE ini juga dilengkapi dengan mikrofon yang bertugas untuk membantu pengguna untuk dapat mendengarkan suara, meskipun di tempat yang sangat ramai. Alat dengar model ITE cocok digunakan untuk penderita gangguan pendengaran ringan maupun berat.

3. Model ITC

ITC memiliki kepanjangan In The Canal. Model ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan model ITE. Model ini tidak cocok digunakan oleh orang yang mengalami gangguan pendengaran berat. Alat dengan model ini dilengkapi dengan teknologi mikrofon terarah. Model ini rentan terkena cairan telinga dan kotoran telinga.

0 komentar:

Posting Komentar