Kamis, 02 Mei 2019

Inilah 4 Tips Aman Bersepeda

Inilah 4 Tips Aman Bersepeda

Banyak orang yang sadar akan polusi lingkungan, lebih memilih bersepeda daripada naik kendaraan bermotor. Selain mengurangi polusi, bersepeda juga baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan ada komunitas pecinta olahraga sepeda. Mereka biasanya bersepeda bersama dan bikin jersey sepeda khusus untuk menguatkan identitas mereka.

Bersepeda memang menyehatkan. Meskipun menggunakan kendaraan bermotor akan membuat kamu lebih cepat sampai, ada perasaan khusus yang dirasakan oleh mereka yang mencintai hobi ini. Sepadat apapun lalu lintas yang harus dilewati, sejauh apapun jarak yang harus ditempuh, atau sepanas apapun cuaca pada hari itu, tidak menjadi alasan untuk menyurutkan hobi mereka bersepeda. Kamu mungkin termasuk salah satu diantaranya.

Tips Aman Bersepeda

Sama halnya dengan naik kendaraan bermotor, ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika naik sepeda agar tetap aman. Kamu, pecinta bersepeda, pasti menginginkan aktivitas ini dilakukan dengan aman dan nyaman. Untuk itu, coba simak tips aman bersepeda berikut ini.

1.       Kenakan helm

Kepala merupakan organ vital. Ada otak yang harus dilindungi dari benturan. Untuk itu diciptakanlah alat bernama helm yang berfungsi untuk melindungi kepala kamu. Helm tidak hanya digunakan ketika kamu naik kendaraan bermotor namun kamu juga perlu menggunakannya ketika naik sepeda. Helm akan melindungi kepalamu dari benturan ketika jatuh atau mengalami kecelakaan.

Sebuah data mengungkapkan sekitar 85% pengendara sepeda meninggal akibat cedera kepala. Kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi pada dirimu. Karena itu, pakailah helm ketika naik sepeda. Jauh ataupun dekat jarak yang harus ditempuh, memakai helm itu tetap penting.

2. Gunakan jersey sepeda dengan warna terang

Berbeda dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan beberapa lampu di bagian bodinya serta memiliki suara mesin, sepeda adalah kendaraan yang tidak menghasilkan suara. Sepeda juga tidak dilengkapi dengan lampu meskipun sekarang beberapa jenis sepeda sudah menambahkan komponen ini.

Karena alasan tersebut, penting bagi kamu untuk tetap terlihat oleh pengguna jalan yang lain. Jika kamu mau bikin jersey sepeda atau mau membeli jersey sepeda, pilihlah yang memiliki warna yang terang dan mencolok. Dengan memilih warna yang terang, kamu akan terlihat oleh pengguna jalan yang lain sehingga menurunkan resiko ditabrak dari belakang karena tidak terlihat.

3. Pilih waktu yang tepat

Kapan biasanya kamu melakukan aktivitas bersepeda? Pagi hari ketika udara masih bersih? Atau sore hari ketika matahari sudah turun?

Kapanpun waktu yang kamu pilih untuk bersepeda, perhatikan kemungkinan adanya cuaca buruk. Kalau di daerah kamu sedang sering hujan di pagi hari, ya sebaiknya jangan bersepeda di waktu itu. Pilih waktu yang tepat agar anda tetap nyaman dan nyaman.

4. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Rambu lalu lintas tidak hanya dibuat untuk kendaraan bermotor. Meskipun sebagian besar memang diperuntukkan untuk kendaraan bermotor, bukan berarti pengendara sepeda tidak perlu mematuhinya. Tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas agar kamu tetap aman.

Sekarang ini, kota-kota besar dilengkapi dengan sarana yang lengkap untuk para pengendara sepeda. Jalur khusus sepeda pun sudah disiapkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengendara sepeda. Jadi, kalau ada rambu-rambu lalu lintas di jalan, patuhi ya.

Itulah tips naik sepeda agar tetap aman dan nyaman. Mematuhi peraturan yang berlaku bisa membuat kamu tetap aman. Melengkapi diri dengan perlengkapan bersepeda tidak hanya akan membuat kamu aman, namun juga nyaman. Kalau misalnya kamu belum punya jersey khusus untuk bersepeda ada baiknya segera bikin jersey sepeda. Kalau belum punya helm, segera beli helm untuk melindungi kepala selama bersepeda.

0 komentar:

Posting Komentar