Jumat, 19 April 2019

Kenali 5 Hal yang Menjadi Penyebab Biduran Pada Tubuh

Kenali 5 Hal yang Menjadi Penyebab Biduran Pada Tubuh

Penyebab biduran memang beraneka macam. Biduran atau yang biasa disebut urtikaria ini merupakan gatal-gatal yang muncul karena adanya reaksi pada kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih. Biasanya gatal-gatal ini akan muncul pada bagian tubuh tertentu atau dapat menyebar ke seluruh tubuh. Untuk itu perlu dikenali hal-hal yang menjadi penyebab dari biduran ini agar selalu berhati-hati dan meminimalisir munculnya biduran tersebut.

Biasanya biduran ini akan hilang dengan sendirinya atau karena diberi obat jenis tertentu seperti obat antihistamin misalnya untuk mengurangi rasa gatal. Untuk itu perlu diketahui beberapa penyebab biduran itu sendiri agar sewaktu-waktu tidak menyerang kembali.

Adapun beberapa penyebab dari biduran itu sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Faktor cuaca

Munculnya bilur diserta rasa gatal pada kulit biasanya bisa saja terjadi pada orang yang kulitnya sensitif terhadap cuaca atau suhu disekitarnya. Ada penderita yang tidak tahan dengan suhu dingin sehingga timbul bilur-bilur tersebut, atau ada juga yang kulitnya sensitif terhadap suhu panas sehingga akan timbul gatal-gatal yang menyerang.

2. Mengkonsumsi obat tertentu

Hal yang bisa memicu timbulnya biduran selanjutnya adalah karena obat tertentu yang dikonsumsinya. Obat-obatan seperti krim kortikosteroid, obat hipertensi, insulin, anti-inflamasinonsteroid dan beberapa jenis obat lainnya bisa memicu timbulnya biduran pada kulit.

Sehingga perlu juga diperhatikan ketika mengkonsumsi obat-obatan jenis tersebut karena bisa memberikan efek samping. Selain itu apabila biduran tersebut cukup parah bisa membuat wajah menjadi membengkak hingga mata berair.

3. Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid yang terletak dibawah jakun ini bisa juga terkena gangguan akibat sistem metabolisme tubuh yang tidak seimbang sehingga bisa memberikan dampak atau reaksi pada kulit berupa gatal-gatal. Selain menyerang di bagian bawah leher juga biasanya menyerang di bagian ketiak atau lipatan-lipatan pada tubuh.

Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar tersebut sebaiknya jangan digaruk karena hal ini hanya akan memperparah rasa gatal. Semakin digaruk justru bahan aktif dalam tubuh yakni histamin akan semakin banyak yang keluar sehingga gatal pun tidak akan berhenti dan jika kebanyakan digaruk akan menyebabkan kulit menjadi lecet.

Untuk itu bisa dicegah melalui penggunaan bedak yang mengandung mentol ataupun bisa dikonsultasikan pada dokter terkait.

4. Akibat makanan tertentu

Sebagian orang memang memiliki tubuh yang tidak tahan dengan makanan-makanan tertentu. Hal ini karena antibodi dalam tubuh tidak kuat untuk menerima rangsangan kandungan makanan yang dikonsumsinya. Jika hal ini terjadi maka akan timbul gatal-gatal yang menjadi penyebab biduran.

Untuk itu sebaiknya menghindari makanan-makanan tertentu agar tidak timbul gatal-gatal bilur pada tubuh. Adapun makanan yang bisa menyebabkan biduran ini diantaranya adalah makanan seafood, telur ayam, kacang tanah, dan lain sebagainya.

Meskipun sedikit saja dan bahkan hanya kandungannya saja, misalnya roti yang mengandung kacang tanah jika tubuh melakukan penolakan terhadap kandungan tersebut maka tetap saja akan timbul biduran.

5. Gigitan oleh serangga

Biduran juga dapat disebabkan oleh adanya gigitan karena serangga. Pasalnya, apabila sistem kekebalan tubuh tidak mampu menangkal racun serangga tersebut bisa saja kulit akan bereaksi, timbul bilur-bilur disertai rasa gatal yang berwarna kemerahan.

Tentunya hal ini bisa saja terjadi karena antibodi tubuh sedang tidak dalam kondisi yang baik sehingga mudah terjadi penolakan dan timbul gatal pada kulit. Untuk itu bisa ditangani dengan mengoleskan lotioncalamine atau mengoleskan pasta baking soda pada bagian yang gatal. Hal ini agar kulit dalam kondisi tenang dan hindari untuk menggaruknya karena hanya akan memperparah kondisi gatalnya.

Itulah beberapa penyebab biduran yang bisa menjadi perhatian agar tidak terserang. Apalagi yang pernah terserang biduran, bisa saja sewaktu-waktu menyerang kembali. Karena biduran ini biasanya membutuhkan waktu berhari-hari untuk menghilang, bahkan bisa sampai berbulan-bulan.

0 komentar:

Posting Komentar