Selasa, 19 Maret 2019

ini dia Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

ini dia Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Usaha sampingan memang bisnis yang termasuk dalam skala kecil. Tetapi dari skala kecil tersebut, yang tadinya hanya sekadar iseng atau hanya untuk penghasilan tambahan saja, jika dijalani dengan sungguh-sungguh bisa berubah menjadi bisnis dengan skala dunia. Siapa sangka bisnis yang berawal dari ide sederhana ini bisa mendatangkan uang yang sangat banyak.

Jika Anda masih terkendala oleh kebingungan akan pemilihan usaha apa yang akan dijalani, berikut kami telah merangkum 21 usaha sampingan dengan modal kecil yang patut Anda coba.

1. Laundry Kiloan

Di zaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, masih banyak orang berpikir pragmatis. "Daripada waktu habis untuk mencuci pakaian, mending laundry saja." Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan kampus maupun perkantoran. Banyaknya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga harganya pun ikut bersaing.

Semudah itukah membuka usaha jasa laundry kiloan? Sebenarnya iya, namun untuk sukses di bisnis ini, Anda harus pintar mencari celah untuk memulainya. Hal paling utama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Tempat yang terdapat banyak mahasiswa dan karyawan swasta atau Pegawai Negeri Sipil adalah lokasi yang paling tepat untuk membuka usaha ini.

Berapa modal yang diperlukan? Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

2. Cuci Motor atau Mobil

Bisnis ini seolah tak pernah sepi. Orang rela antre hingga berjam-jam untuk mendapatkan giliran. Harga, kualitas dan tenaga yang dikeluarkan untuk cuci motor dan mobil ini membuat banyak pemilik kendaraan lebih memilih jasa cuci profesional dibandingkan cuci sendiri.

Modal yang dikeluarkan juga relatif terjangkau untuk membuka usaha ini. Bagi pemula, sebaiknya dimulai dengan usaha cuci motor dulu saja. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki juga cukup sederhana. Anda hanya perlu menyediakan pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Semua barang tersebut bisa didapatkan dengan dana paling tidak Rp2 juta untuk jasa cuci motor sederhana, atau maksimal hingga sekitar Rp10 juta jika Anda ingin membuat jasa cuci motor yang lebih profesional. Pengeluaran biasanya dilakukan untuk sewa tempat Rp2 juta, untuk membeli peralatan Rp5 juta, dan untuk biaya operasional termasuk gaji pegawai Rp3 juta.

3. Desain Grafis

Usaha sampingan ini cocok bagi karyawan yang bekerja di perusahaan desain grafis. Di sela-sela pekerjaan utama, Anda bisa menawarkan jasa ke rekanan yang anda kenal atau melalui beberapa marketplace. Jasa desain yang banyak dicari adalah kartu nama, logo, baju, maskot, poster, booth dan interior.

Beberapa markteplace penyedia jasa jual beli desain grafis ini adalah sribu.com dan projects.co.id, 99designs.com, elance.com, serta upwork.com (dulu bernama odesk.com). Bisnis ini tidak membutuhkan modal berarti, hanya cukup koneksi internet dan keterampilan yang harus anda tingkatkan selalu untuk menjaga kualitas jasa layanan Anda. Produk yang kreatif dan tepat waktu adalah kunci sukses bisnis ini.

4. Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya.

Awalnya Anda bisa mulai dari rumah ke rumah mendatangi murid-murid. Tetapi nantinya jika sudah mulai dikenal dan punya banyak murid, Anda pun bisa membuka tempat les sendiri di rumah sehingga bukan anda yang keliling tapi para murid yang akan datang ke rumah anda.

Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika Anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika Anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan Anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa Anda tentukan berdasarkan pasaran biaya les di lokasi Anda.

5. Menjahit Pakaian

Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal menjahit pakaian, Anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah ide usaha sampingan. Usaha sampingan yang melayani jasa menjahit pakaian pada awalnya terdengar kurang menarik. Perlu diingat kembali bahwa konsep usaha sampingan adalah untuk membuat waktu luang Anda lebih bermanfaat dan dapat menghasilkan uang. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk membuka kios jahit sendiri.

Untuk tahap awal, sebaiknya memanfaatkan yang sudah ada dengan modal minimal. Anda bisa membeli mesin jahit bekas di toko terdekat atau bisa memesan dari internet. Dana minimal yang diperlukan untuk membeli mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan lainnya kurang lebih adalah sebesar Rp2 jutaan saja.

Selanjutnya cari pelanggan dari orang-orang di sekitar Anda. Batasilah pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Kemudian, jika sudah mulai dikenal dan pesanan mulai bertambah, Anda bisa membayar tenaga kerja yang standar hasil jahitannya sesuai dengan Anda.

6. Penerjemah

Anda menguasai suatu bahasa asing? Manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan. Memang penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Tetapi semua profesional bermula dari pemula juga, bukan? Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya. Bagi pemula, sebaiknya anda mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Bisnis ini memberikan hasil yang cukup berarti. Sebagai contoh, Anda memberlakukan tarif penerjemahan sebesar Rp50/kata. Jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka Anda sudah berhasil mengantongi sebanyak Rp25 ribu. Kemudian, apabila Anda bisa menyelesaikan 10 halaman dalam satu hari, maka keuntungan Anda dalam sehari adalah sebesar Rp250 ribu. Menarik, bukan?

Modalnya juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di kafe, di rumah, atau di manapun. Marketplace yang banyak digunakan untuk menjual jasa ini adalah freelancer.co.id dan sribulancer.

0 komentar:

Posting Komentar