Selasa, 19 Maret 2019

Hati-hati Ada Malware Bisa Sedot Kuota Internet

Hati-hati Ada Malware Bisa Sedot Kuota Internet

Oracle Corp menemukan malware baru di Android. Malware ini bergerak menyerang perangkat baterai dan kuota pengguna.

Tak tanggung-tanggung, 10 GB per bulan harus rela ludes untuk mengunduh iklan video otomatis.

Tugas malware ini adalah mengirimkan video iklan yang palsu dan tidak terlihat. Kemudian, aplikasi yang terinfeksi akan mengkonsumsi kuota yang signifikan.

Kabarnya, malware ini sudah menjangkit ke berbagai aplikasi game Android yang populer. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut sudah dihapus dari Google Play Store.

Beberapa di antaranya adalah aplikasi augmented reality Perfect365, Draw Clash of Clans, aplikasi musik Touch n Beat, Cinema, dan VertexClub.

Oracle menyebut, malware ini akan memperlambat pemuatan situs lain selagi mengunduh video, sehingga pengguna bisa saja kehilangan 10GB datanya per bulan. Belum lagi, malware ini juga bisa menghabiskan baterai yang terisi daya.

Perusahaan juga menyebut, iklan masih bisa berjalan bahkan saat aplikasi tidak dipakai atau dalam mode tidur.

Aplikasi yang terinfeksi juga mendorong tayangan iklan palsu untuk melaporkan kembali ke jaringan iklan, bahwa tiap iklan video telah muncul di situs publisher iklan yang sah. Padahal kenyataannya iklan tersebut palsu.

Penipuan lewat iklan palsu bukanlah hal baru. Namun, Oracle menyebut, tipe perilaku ini bisa sangat unik, karena dampaknya baik kepada pengguna smartphone, pengiklan, dan penerbit iklan.

Senior Veep of Oracle Data Cloud Eric Roza mengatakan, DrainerBot merupakan operasi penipuan iklan besar yang menyebabkan kerugian finansial yang jelas dan langsung pada konsumen.

"Aplikasi yang terinfeksi DrainerBot dapat membuat pengguna kehilangan ratusan dolar, sembari membuang baterai dan memperlambat perangkat mereka," tutur dia.

Oracle menyebut, SDK tersebut kemungkinan didistribusikan oleh perusahaan Belanda bernama Tapcore. Perusahaan ini memungkinkan pengembang aplikasi untuk mendeteksi instalasi aplikasi bajakan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar