Ajarkan 9 Hal Ini Sebelum Anak Berusia 10 Tahun

0

Jakarta Sebagai orang tua, Anda tentu punya tanggung jawab membesarkan anak. Tiap orangtua pasti ingin anak mereka bersikap baik, jujur, simpatik, dan pemberani.

Namun, karakteristik anak tersebut tidak akan muncul secara tiba-tiba. Anda perlu menerapkan contoh pola asuh yang baik.

Dilansir dari Bright Side, Kamis (21/9/2017), ada beberapa ajaran yang harus dipahami anak, terutama saat ia memasuki usia 10 tahun.

Hormati anak perempuan dan anak laki-laki lainnya

Menghormati orang lain adalah ajaran penting yang harus dimiliki anak Anda. Terutama penghargaan yang baik, misal pujian kepada anak-anak lain.

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 9 halaman

Jangan takut membuat kesalahan

Belajar dari kesalahan seseorang adalah sesuatu yang langka. Hal ini perlu juga diajarkan kepada anak agar belajar dari kegagalan sendiri. Katakan pada anak, jangan takut melakukan kesalahan.

2 dari 9 halaman

Pengetahuan lebih penting daripada nilai

Terkadang orang tua menjadi sangat marah karena nilai anak yang tidak memenuhi harapan. Anak bisa saja mendapatkan nilai jelek.

Namun, nilai bagus tidak selalu menunjukkan, pengetahuan yang baik. Anda harus mengajari anak kalau pengetahuan itu lebih penting daripada nilai. Pengetahuan membuka wawasan anak mengetahui lebih banyak hal.

3 dari 9 halaman

Orangtua bukan musuhmu

Menjadi teman untuk anak bukanlah hal yang mudah, terutama jika anak sudah punya teman sendiri. Tunjukkan pada anak kalau Anda dapat dipercaya.

Cobalah menghindari teriakan dan nasihat yang terlalu panjang kepada anak.

4 dari 9 halaman

Jangan melakukan segala sesuatu demi diakui orang lain

Anak-anak berpikir, popularitas di antara teman sangat penting. Mereka bisa melakukan apa saja demi mencapai popularitas.

Gunakan contoh yang baik kepada anak. Menjadi orang yang jujur ​​dan terhormat lebih berharga ketimbang berupaya segala cara demi diakui oleh teman-teman yang lain.

5 dari 9 halaman

Jika tidak mengerti, ajukan pertanyaan

Bertanya termasuk sesuatu yang wajar. Lebih baik bertanya daripada pura-pura mengerti segala sesuatu.

Masa kanak-kanak adalah waktu terbaik untuk mengetahui hal ini. Anak diperkenankan bebas untuk bertanya apa saja.

6 dari 9 halaman

Beritahu guru jika merasa tidak enak badan

Seorang anak tidak perlu takut membicarakan masalah kesehatan karena hal tersebut lebih penting daripada nilai atau kemarahan guru.

Jadi, saat anak merasa tidak enak badan, ajarkan anak untuk bisa langsung bilang pada guru.

7 dari 9 halaman

Ajarkan kebersihan

Seberapa sering Anda mengeluh tentang jalanan yang kotor dan tempat tidur yang berantakan? Menghormati kebersihan lingkungan di sekitar anak juga perlu dilakukan.

Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk tanggap kebersihan, yang dimulai dari rumah. Misal, tidak membuang sampah sembarangan atau mulai belajar merapikan mainan sendiri.

8 dari 9 halaman

Belajarlah untuk katakan tidak

Ajarkan anak Anda untuk berani katakan “tidak” kepada orang dewasa dan guru. Anda harus mencetak kepribadian anak yang kuat, bukan anak yang harus mematuhi perintah apapun.

Kemampuan untuk katakan “tidak” akan berguna saat anak tumbuh dewasa. Ia bisa memutuskan dengan baik suatu pilihan dalam hal pekerjaan.

Liputan6


Menarik Untuk Di Baca Juga:

Ria Ricis Tergolek Lemah Setelah Alergi Karena Obat! Kenali Gejala dan Penyebabnya - Selebgram Ria Ricis belum lama ini dilarikan ke IGD salah satu rumah sakit. Di laman Instagramnya, wanita yang kerap disapa Ricis ini mem...
Strategi Cowok Kurus agar Lebih Berotot Sebal karena badan kurus banget? Ada 6 makanan yang membantumu mencapai berat ideal. Wah, makanan apa saja ya?Jakarta Ada beberapa pria yang cukup rut...
Strategi Cowok Kurus agar Lebih Berotot Sebal karena badan kurus banget? Ada 6 makanan yang membantumu mencapai berat ideal. Wah, makanan apa saja ya?Jakarta Ada beberapa pria yang cukup rut...
Divonis Hamil Palsu, Tak Tahunya Ada Janin Hidup di Perut Cucu Cucu Latifah Hidayati mengalami perdarahan hebat dan ternyata janin hidup. (Foto: Cucu Latifah)Jakarta Hasil pemeriksaan ultrasonografi (USG) sempat m...

No comments